CARA MUDAH MEMBUAT LATTE TANPA MESIN ESPRESSO

Di benak banyak orang mungkin membuat secangkir café latte atau cappuccino haruslah menggunakan mesin espresso. Padahal jika kamu tahu, secangkir café latte yang nikmat ternyata bisa dibuat dengan alat-alat kopi kakekslot yang sudah kita miliki di rumah. 

Serunya lagi ternyata membuat café latte itu mudah dan tak pakai ribet. Dengan menggunakan alat kopi yang sudah kita miliki secangkir café latte atau cappuccino bisa dinikmati dengan rasa yang tak kalah nikmat dari yang dihasilkan mesin espresso.

Café latte dan cappuccino terdiri dari espresso, steamed susu dan foam susu. Biasanya dengan menggunakan mesin espresso, café latte dibuat dengan espresso dari mesin espresso dan susu beserta foam yang dihasilkan oleh steamer yang ada di mesin espresso tersebut. 

Nah, jika kita tak memiliki mesin espresso, bagaimana cara membuat café latte dan cappuccino? Tenang, berikut akan Otten Coffee kasih tips mudah cara membuat café latte dan cappuccino tanpa menggunakan mesin espresso. Selamat mencoba.

Cara Membuat Café Latte & Cappuccino

  1. Siapkan cangkir kopi favorit kamu.
  2. Masukkan espresso yang telah dibuat dengan menggunakan Handpresso, Minipresso, Rok Presso, Aeropress atau alat kopi lainnya.
  3. Tuangkan susu yang telah dimasukkan ke microwave tadi.
  4. Tambahkan foam susu yang juga telah dibuat di microwave secukupnya. Jangan sampai terlalu penuh agar tak tumpah di cangkir kamu.
  5. Tuangkan foam dengan menggunakan sendok di bagian tengah kopi agar rata.
  6. Tambahkan cocoa butter atau cokelat bubuk sebagai garnish-nya.
  7. Café latte atau cappuccino kamu siap untuk dinikmati.

Cara Membuat Steamed Foam

Untuk membuat steamed and foam susu sebenarnya tidak diperlukan alat pembuat foam mewah. Jika kamu sudah punya Aerolatte di rumah tentu saja membuat steamed and foam susu untuk café latte dan cappuccino menjadi lebih mudah. Tapi bagaimana jika kamu tak memiliki alat kopi apapun untuk membuat foam susu? Tenang jangan khawatir karena ternyata membuat foam susu tak sesulit yang dibayangkan. Berikut cara membuatnya:

  1. Masukkan susu (gunakan susu 2% atau nonfat) ke dalam toples tahan panas dan tutup rapat.
  2. Kocok susu tersebut sampai berbusa. Usahakan shake dengan cepat dan berulang-ulang sampai satu menit.
  3. Buka penutup toples lalu masukkan toples berisi susu ke dalam microwave. Diamkan selama 30 detik. Susu akan membentuk menjadi foam dengan sendirinya.
  4. Foam susu siap untuk digunakan.

Leave a Comment