Astra Otoparts Hadir Berikan Dukungan Bagi Indonesia

by -75 Views

adireland.com – Hannover Messe 2023 adalah ajang pameran teknologi industri dunia di Hannover, Jerman yang digelar pada 17-21 April 2023. PT Astra International Tbk–satu perusahaan nasional yang memiliki 245 anak usaha dan antara lain bergerak di sektor otomotif, asuransi, dan pembiayaan–hadir sebagai bentuk komitmen mendukung keikutsertaan Indonesia.

Dikutip dari rilis resmi Astra sebagaimana diterima adireland.com, dalam acara yang tahun ini bertema “Infinite Journey” itu, Presiden Komisaris Astra Prijono Sugiarto hadir sebagai pembicara dalam salah satu agenda Business Summit.

Berlangsung pada Senin (17/4/2023), ia tampil bersama Chairman of the Board of Executive Directors BASF SE, Martin Bruderm├╝ller dalam sesi Flashlight on Indonesian-German Business Cooperation.

Eko S.A. Cahyanto, SH, LL.M, Direktur Jenderal Ketahanan Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (kanan) bersama dengan Trisna Sagita Wijaya, Sales & PPIC Dept Manager PT Akebono Brake Astra Indonesia (kiri) menjelaskan kepada kontingen media Jerman terkait kesiapan teknologi Astra melalui PT Akebono Brake Astra Indonesia dalam adopsi digitalisasi dan kesiapannya untuk bekerja sama dengan pelanggan di seluruh dunia pada Hannover Messe 2023 di Jerman (17/4/2023) [Grup Astra].

“Sebagai partner country Hannover Messe, Indonesia memiliki kesempatan untuk menampilkan kekuatan teknologi yang dimiliki dalam bidang industri serta menjadi momentum yang baik sekaligus peluang untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan,” papar Riza Deliansyah, Chief of Corporate Affairs Astra.

Baca Juga:
Pupuk Indonesia Tawarkan Produk Blue Ammonia dan Green Ammonia ke Investor

PT Astra Otoparts Tbk adalah anak perusahaan Astra yang bergerak di industri komponen otomotif dan non-otomotif serta turut berpartisipasi dalam Hannover Messe. Memamerkan produk-produk 4.0, diharapkan meningkatkan nilai ekspor, juga menarik penanaman modal asing atau foreign investment dengan menunjukkan kapasitas, kompetensi, dan kapabilitas manufaktur Astra Otoparts.

Anak perusahaan Astra ini menampilkan produknya di booth Astra Otoparts yang bertema “Journey to Embrace the Future” di Pavillion Indonesia. Juga memamerkan kapabilitas proses manufaktur yang sedang bertransformasi menuju Industri 4.0, seperti Integrated Automation System dengan real-time monitoring control menggunakan platform SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition), Realtime Achievement menggunakan Light MES (Manufacturing Execution System), sampai aplikasi digital lain yang sudah digunakan di area produksi atau shopfloor anak perusahaan.

Astra Otoparts juga menampilkan future product yang baru saja diluncurkan maupun yang sedang dalam proses riset dan pengembangan. Antara lain Astra Otopower, CNC Powerlathe, dan beberapa alat kesehatan.

Selain itu juga tampil PT Akebono Brake Astra Indonesia (AAIJ), anak perusahaan yang memproduksi sistem pengereman kendaraan bermotor industri 4.0.

Saat Ini AAIJ adalah perusahaan National Lighthouse yang dijadikan tolak ukur dalam teknologi dan strategi implementasi dari Industri 4.0 di bidang manufaktur.

Baca Juga:
Pupuk Indonesia Dukung Hilirisasi Industri dan Ekonomi Hijau di Hannover Messe 2023

Dalam Hannover Messe 2023 ini, AAIJ menampilkan produk unggulan dan terbaru, beberapa implementasi Industri 4.0 yang sudah dilakukan, seperti Production Dashboard, implementasi penggunaan drone sebagai material handling solution, implementasi lean manufacturing yang terintegrasi secara digital, sampai implementasi penggunaan collaborative robot.

Pada implementasi collaborative robot, AAIJ bekerja sama dengan Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada (UGM) sebagai bentuk kolaborasi di dalam ekosistem Industri 4.0.



Sumber: www.suara.com

No More Posts Available.

No more pages to load.